Januari · Uncategorized

About 8D Music ; Perkawinan musik dan teknologi

Hello good people, bagaimana hari Anda?

Now, you can guess what is my Nationality, isn’t it? haha

So here,

Bermula dari temen saya yang merekomendasikan sebuah tautan youtube di DM instagram saya yang isinya lagu BTS – Mic Drop Steve Aoki remix (ft Desiigner),

katanya ;

“wajib dengerin, berasa lagi dibisikin..!”.

Penasaranlah saya, gimana rasanya ((((dibisikin))))  via lagu. Bukalah saya tautan tersebut dan ekor kalimat di judul tautan tersebut juga makin membuat saya penasaran.

“… 8D music”

“What is that..?”. Katanya juga disuruh “use headphone..!”. Karena penasaran, dengan sedikit malas saya meraih headeset saya yang ada di meja laptop dan segera menekan tab  “Play”. Memasuki lagu, intro awalnya memang biasa saja, tapi beberapa detik kemudian datanglah sensasi itu, sensasi musik yang rasanya seperti ‘berjalan’ disekitar kepala, dari telinga kiri ke kanan, depan ke belakang, menjalar hingga ke batang leher hahaha jujur saja, saya selalu merasa tergelitik tiap kali mendengarkan musik efek 8D karena selalu merasa seperti ada yang bernafas di sekitar leher dan telinga. Well, at least worthlahh, temen saya gak lebay ternyata, efeknya emang bikin cengar cengir wkwk lol.

Hmmm.. Jadi ini efek musik 8D…

Saya bukan seorang yang awam dengan teknologi atau techno savvy, saya juga tidak begitu paham dengan computer science, walau pernah mempelajarinya saat mengenyam pendidikan jurusan IPA selama 3 tahun di SMA. Tapi menurut saya, hal ini sangat menarik, untuk saya yang mencintai musik dan ukuran saya yang biasanya hanya menikmati kecanggihan teknologi diluar rumah (paling banter nonton 4D di bioskop hahah cuih) lalu kemudian merasakan hal ini di kamar sendiri adalah suatu hal yang “wah..”.

Sayangnya, belum banyak artikel yang membahas mengenai musik 8D ini, artikel yang banyak justru mengenai teknologi 8D. Tapi mohon maaf, saya agak sedikit sulit memahaminya. Ada beberapa forum diskusi yang saya baca mengenai musik 8D, akan saya coba sedikit menginterpretasikan mengenai musik 8D – sesuai pemahaman saya ya :). Feel free buat teman-teman yang mungkin lebih paham mengenai teknologi untuk diskusi sama-sama membahas hal ini, saya juga sangat tertarik bagaimana hal ini akan mempengaruhi bentuk musik di masa yang akan datang.

Pengertian musik 8D sendiri sebenarnya masih dalam perdebatan, karena belum jelas bagaimana istilah musik 8D itu datang. Istilah sebenarnya untuk musik tersebut adalah suara ambisonik, yang mana dengan bantuan teknologi dapat mensimulasikan suara secara penuh dan menciptakan efek surround sound, makanya musik ini bisa terdengar datang dari arah mana saja dan disarankan untuk menggunakan Earphones, Headsets or Hands free. Biasanya hal ini diterapkan pada Game Virtual Reality (VR) untuk mendukung sensasi real ketika kita bermain VR.

Wah seiring dengan berjalannya waktu, perubahan zaman dan kemajuan teknologi, konsep ‘mendengarkan lagu’ juga berkembang ya. Coba pikir bagaimana kebiasaan kamu dalam mendengarkan lagu berubah dari tahun ke tahun?!

Sekian untuk tulisan dan sharing pengalaman saya kali ini.

Have a nice day everyone 😀

Leave a comment